Pentingnya Website sebagai Media Publikasi Sekolah

Selasa, 20 Juli 2010

Salah satu tuntutan era globalisasi dalam dunia pendidikan adalah adanya sebuah pengelolaan sekolah yang terintegrasi dengan sebuah sistem informasi dan teknologi berbasis komputer. Oleh karena itu, sudah semestinya perkembangan tekonologi informasi dan komputer yang kebanyakan orang mengkaitkan dengan teknologi internet (interconnected-networking) itu direspon oleh sekolah dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan kepada siswa. Website merupakan salah satu media penyampaian informasi dan publikasi yang mudah diakses dari mana saja, kapan saja tanpa terbatas oleh wilayah geografis yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah.

Web, website, weblog atau portal diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman atau hyperlink. Website dapat dibedakan menjadi dua yaitu web statis dan web dinamis. Web statis adalah web yang berisi informasi-informasi yang bersifat statis (tetap), sedangkan Web Dinamis adalah web yang menampilkan informasi yang bersifat dinamis (berubah-ubah) dan dapat saling berinteraksi dengan user. Web statis yang ditampilkan adalah sisi tampilan yang banyak mengandung grafis sehingga untuk merancang web statis tidak diperlukan kemampuan pemrograman yang handal. Dalam hal ini yang dibutuhkan hanya kemampuan mendesain grafis, web dan cita rasa seni. Sedangkan untuk Web dinamis yang banyak ditampilkan adalah pengolahan data sehingga dibutuhkan kemampuan dalam pemrograman web.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan khususnya di SMP Muhamadiyah Tersono Kabupaten Batang yakni untuk penyebarluasan informasi sekolah, kegiatan kesiswaan, profil sekolah dan informasi lainnya dalam sebuah weblog, dalam hal ini saya turut mengapresiasikan dan memberikan semangat kepada sekolah untuk dapat terus melakukan pembaharuan-pembaharuan di bidang teknologi informasi. Karena, salah satu tuntutan dibuatnya sebuah weblog adalah akuratisasi dan aktualisasi informasi yang ada di dalamnya. Harapannya Weblog tersebut dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan terhadap siswa serta media komunikasi yang interaktif dengan orangtua / wali siswa.

Langkah untuk mengekpose dan menyebarluaskan informasi sekolah dan pelayanan pendidikan ini, diharapkan dapat diikuti oleh sekolah-sekolah lain sehingga masyarakat akan lebih terbuka dan memberikan pencitraan yang baik di dunia pendidikan. Tentunya, tidak segampang membalikkan telapak tangan, namun semua itu butuh proses dan pengelolaan pendidikan sekolah yang baik karena pengadaan infrastruktur teknologi sekolah membutuhkan sumber daya yang tidak kecil namun membutuhkan perencanaan, pengelolaan dan pemeliharaan sistem IT yang berkelanjutan.

Akhirnya, selamat dan sukses atas diluncurkannya weblog SMP Muhamadiyah Tersono, semoga dapat bermanfaat bagi siswa, guru, pelaku pendidikan dan masyarakat pada umumnya.


Akhmad Fandi Susanto, A.Md
Admin Website Disdikpora Kab. Batang

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar khusus untuk posting diatas: